Diposkan pada Travelling

My Dreamy Vacation, Dieng Negeri Di atas Awan

Mendengar kata Dieng…angan ini langsung melayang ke sebuah pemandangan indah. Sebuah dataran tinggi di sebuah kota di Jawa tengah yang sangat indah sehingga mendapat julukan Negeri di atas awan. Jujur pertama kali terpesona dengan keindahan Dieng hampir 14 tahun yang lalu saat diajak oleh seorang teman melewati dataran Tinggi Dieng.

Kenangan akan keindahan Dieng terus terpatri hingga  beberapa tahun ke depan. Sampai aku menikah dan punya dua krucils. Sayangnya meskipun Dieng ini sebenarnya relatif dekat dengan kampung halaman kami , kesempatan untuk sengaja mengunjunginya belum juga terlaksana. Padahal setiap lebaran kami selalu pulang kampung membawa mobil sejak menikah sepuluh tahun lalu. Namun belum juga ada kesempatan untuk mengunjungi negeri impian itu.

Hingga lebaran tahun lalu pun tiba. Dalam perjalanan pulang kembali ke  Jakarta dari kampung nenekku di Magelang,  suamiku memutuskan untuk melewati jalur Dieng. Memang perjalanan menjadi agak lebih  lama. Namun dalam benak  kami, pemandangan indah sepanjang jalan akan membuat perjalanan pulang kali ini lebih menyenangkan.

Sayangnya dari Magelang kami sudah kesiangan. Menginjak Wonosobo hari sudah mulai sore.  Awalnya kami ragu, karena hari sudah sore. Apakah kami bisa melihat pemandangan indah di saat matahari belum terbenam di Dieng?  Penasaran dengan keindahan Dieng membuang keraguan dalam benak kami.

Menginjak Wonosobo ke atas pemandangan indah mulai terlihat.  Hijaunya hamparan tanaman tembakau dan segarnya udara disana membuat lidah kami tak berhenti berucap Subhanallah akan keindahan alam Nya ini.

Memasuki kawasan Dataran Tinggi Dieng pemandangan semakin indah. Oh, ya di salah satu gerbang masuk, petugas pariwisata memberikan daftar tempat wisata yang ada di Dieng. Woow….membikin saya yang hobi traveling ini mupeng bin ngiler.

Namun karena diburu waktu dan takut kemaleman, kami memutuskan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata saja yang paling dekat dan kebetulan gampang mencari petanya yaitu candi Arjuna. Sampai disana hari sudah sore sekali. Tidak menyia-nyiakan waktu kami segera berfoto di depan komplek Candi dilapangan parkir.

Ekspresi kegembiraan kami

Awalnya kami merasa tidak kedinginan. Namun ternyata udara Dieng sangat menggigit.  Akhirnya setelah memakai jaket kami pun memutuskan membeli dua buah syal. Selain itu kami juga membeli kentang rebus dengan beberapa pilihan rasa yang sangat enak. Ada keju, barbeque, original dan lain-lain. Kentang rebus yang panas dan teh panas adalah sebuah perpaduan yang nikmat untuk mengusir hawa dingin Dieng.

Hari keburu Magrib, kami bergegas masuk kekawasan Candi Arjuna. Sebenarnya pemandangannya indah sekali pada saat siang.  Namun karena kami sampai sana Magrib, jadi keindahan  pemandangan di candi Arjuna tidak tertangkap maksimal. Ada sih beberapa foto, namun ya….gelap-gelapan gitu deh. Kayak foto yang ini ni..

Cheese.......
Cheese…….

Wah…beneran deh nyesel ke Dieng sampai sana kemaleman. Mana pulangnya gelap-gelapan lagi menuruni jalan yang kanan kirinya jurang. Hiiiiy….si ayah waspada banget nyetirnya. Takut kepeleset. Bahaya…Bawa istri dan dua krucils gitu looh. Sebenarnya bisa saja sih kami stay nginep di Dieng dan melanjutkan perjalanan ke Jakarta keesokan paginya setelah puas menikmati Dieng keesokan harinya. Namun jatah cuti ayah sudah habis, dan kami harus kembali ke Jakarta malam itu juga.

Dan rasa penasaran menikmati Dieng pun sampai sekarang tetap kurasakan. Jadi kalau ada yang nanya destinasi mana yang ingin kukunjungi? Pasti my dreamy vacation jawabannya adalah Dieng…negeri di atas awan.  Apalagi kalau lihat catatan perjalanan para traveler lengkap dengan foto-fotonya yang kurangkum di bawah ini. Suerrr…jadi pengin kesana lagi deh.

image : iezstories.wordpress
Image : http://www.diengindonesia.com
Image : www.ranselwisata.com
Image : http://www.ranselwisata.com

Pokoknya kalau pulang kampung lagi  kayaknya  harusmengunjungi Dieng ini deh. Jadi Dieng dibagi menjadi dua zona wisata. Zona pertama adalah:

1. Kawasan Sunrise Bukit Sikunir

Tulisan ini diikutsertakan dalam My dreamy Vacation Giveaway Mak Indah Nuria

GA dreamy vacation

Penulis:

Seorang ibu rumah tangga dengan dua jagoan yang hobi membaca dan menulis

16 tanggapan untuk “My Dreamy Vacation, Dieng Negeri Di atas Awan

1. paling bagus pagi, kami kesiangan saat sampai candi Arjuna, saat embun/kabut mulai terangkat sehingga tidak mendapatkan foto candi yang berselimut kabut.. kami sampai wonosobo sore, sampai Dieng malam, cari penginapan seketemunya, kemudian usai subuhan langsung meluncur… dingnnya jangan ditanya, puncak dingin Juli dan september begitu menurut kabar, yang sampai ada salju dipucuk” rumput.
    Walau tidak menemukan salju kami cukup terhibur dengan pemandangan alam yang masya Allah… keren.. ingin seharian mengelilinginya.. insya Allah jika ada waktu dan kesempatan… langit biru yang bersih..

1. Waah…mendengar cerita Bu Sari jadi tambah penasaran pengin mengunjungi Dieng.Surga indah di Indonesia.Negeri di atas awan.Trima kasih Bu Sari atas sharingnya.InsyaAllah saya ingin ke Dieng lagi jika masih diberi waktu dan kesempatan.My dreamy vacation deh.Trima kasih Bu sudah mampir kesini.