Diposkan pada Event

Hari Ulang Tahun TMII Yang Ke 39 Gratis Masuk TMII

TMII  atau Taman Mini Indonesia Indah  didirikan atas prakarsa ibu Tien Soeharto dan diresmikan pada tanggai 20 April 1975   diresmikan pembukaannya oleh Presiden Soeharto.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur dengan area seluas kurang lebih 150 hektar. Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda,   bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatar belakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada d setempat.

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 33 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur  tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.

Tak terasa bulan April ini TMII atau Taman Mini Indonesia Indah memasuki usia ke 39.   Aku sendiri sering sekali mengunjungi TMII. Pertama kali pas kelas tiga SD , berangkat dari Magelang ke Jakarta. Kedua kali tahun 1993 saat study tour SMP.  Sekarang aku tinggal di Jakarta. Hampir setiap tahun aku datang ke TMII  untuk   liburan sekaligus mengenalkan wisata edukasi pada anak-anakku. Bahkan dalam setahun terkadang aku bisa tiga atau empat kali ke sana. Tahun 2014 ini kebetulan aku belum pernah ke sana karena beberapa kesibukan.

Menyambut ulang tahun ke 39 TMII,   aku sengaja pergi ke sana  untuk melihat persiapan acara HUT TMII ke 39. Kebetulan TMII tidak terlalu jauh dari rumah dan hanya  30 menit berkendara motor. Ternyata TMII benar-benar sudah mempersiapkan acara dalam rangka HUT  nya. Terbukti di pinggir  jalan mau masuk ke sana sebuah spanduk besar sudah dipasang unuk menyambut pengunjung.

Spanduk HUT 39 TMII
Spanduk HUT 39 TMII

Memasuki areal TMII sebelum pintu masuk,  kita juga disambut dengan sebuah spanduk  yang lengkap  dengan susunan acaranya.

Spanduk di dalam TMII sebelum pintu masuk
Spanduk di dalam TMII sebelum pintu masuk

Hari masih pagi ketika aku memasuki pintu gerbang utama TMII dan membayar tiket.  Harga tiketnya cukup sepuluh ribu rupiah saja dan enam ribu rupiah untuk tiket motor. O, ya  di TMII setiap hari Minggu pagi juga ada acara lho. Dulu kami sering olah raga pagi disini dan cukup membayar tiket lima ribu rupiah saja setiap Minggu pagi. Murah bukan?

Pintu gerbang utama TMII
Pintu gerbang utama TMII

 

Tiket masuk TMII
Tiket masuk TMII

 

Tujuanku ke TMII kali ini adalah sengaja mencari tahu tentang kegiatan  HUT TMII ke 39. Oleh karena itu aku menuju tempat informasi untuk mengetahui pagelaran dan kegiatan apa saja yang dilaksanakan oleh TMII dalam rangka hari jadinya ke 39.  Di pusat informasi petugas informasi menyambut kedatanganku  dengan ramah.  Aku segera  bertanya kegiatan apa saja yang ada di TMII dalam menyambut hari ulang tahunnya. Petugas informasi memberi sebuah brosur berisi kegiatan. Dan ternyata semua lengkap ada di brosur.

 

Gedung Informasi
Gedung Informasi

 

Brosur HUT TMII ke 39
Brosur HUT TMII ke 39

Wah…lengkap sekali ya acara dalam rangka HUT TMII ke 39 ini. Kegiatan dalam rangka ulang tahun ini dimulai hari Kamis tanggal 17 April 2014  dengan pembukaan hari Ulang Tahun dan  Gelar Gita Natya Nusantara di Teater Bhinneka Tunggal Ika.  Kegiatan ini ditutup tanggal 27 April 2014  dengan Pawai Budaya Nusantara dan Gelar Tari Kolosal di Plaza  Tugu Api Pancasila.

Selain itu dalam rangka HUT TMII  ke 39 ini selama tanggal 17 April sampai 27 April  diadakan beberapa acara. Diantaranya adalah Festival Kuliner Nusantara,  Expo kreatif Nusantara,  Pameran dan Bursa produk Kreatif, Pameran dan Seminar Nasional Flora dan Fauna, Parade Busana Daerah,  Pameran Keris Paksi dan lain-lain. Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan Citra Budaya Tradisi 33 propinsi dengan tema Bali Night ‘ Sang Sutasoma “ serta pesta obor dan kembang api bisa datang di hari Minggu tanggal 20 April  jam 10.00 sampai jam 22.00

Oya…TMII memberikan keistimewaan  buat para pengunjung yang datang di  tanggal 20 April 2014 yaitu berupa gratis tiket masuk antara pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Waah…asyik banget. Datang yuk rame-rame ke TMII mumpung gratis. Selain itu ada juga diskon beli satu tiket gratis satu tiket bagi pengunjung  yang datang 21-25 April 2014. Wah..pasti menguntungkan sekali ya buat pengunjung yang datang berombongan dalam jumlah besar. Pasti lebih irit. Jadi kapan lagi menikmati berbagai keistimewaan dari TMII ini kalau nggak pas ultah TMII.

O,ya aku  sempat penasaran dengan gedung teater Bhinneka Tunggal Ika tempat beberapa pagelaran dan teater dimainkan dalam rangka HUT ke 39. Beberapa bulan yang lalu saat aku terakhir kali berkunjung ke TMII gedung ini belum ada. Setelah bertanya kepada Pak Satpam, akhirnya gedung Bhinneka Tunggal Ika ini kutemukan. Letaknya di depan istana anak-anak. Dan seperti inilah penampakannya. Kata Pak Satpam gedung ini memang baru dan baru jadi kira-kira sebulan yang lalu.

 

Gedung Teater Bhinneka Tunggal  Ika
Gedung Teater Bhinneka Tunggal Ika

 

Selain mengunjungi Gedung Teater Bhinneka Tunggal Ika, aku juga sempat berkeliling ke beberapa anjungan.  Ada yang menarik yaitu anjungan Jawa Timur. Tiga tahun yang lalu aku pernah reuni dengan beberapa teman Universitas Brawijaya Malang di anjungan ini. Yang menarik dari anjungan ini adalah jadwal pagelaran dalam setahun sudah ditulis dan dibikin spanduk di depan. Jadi buat pengunjung yang ingin menyaksikan pagelaran bisa melihat jadwalnya di spanduk besar di depan anjungan.

Agenda Kegiatan di Anjungan Jawa Timur
Agenda Kegiatan di Anjungan Jawa Timur

 

Jika diibaratkan seseorang, usia 39 tahun adalah usia matang , dimana seseorang tambah mapan. Demikian juga TMII , memasuki usia 39 tahun semakin cantik, indah dan berbenah di segala hal. Hal itu bisa kita lihat di penambahan beberapa anjungan pemekaran propinsi yang beberapa tahun terakhir ini dibangun. Anjungan-anjungan propinsi  baru ini dibangun dalam satu komplek. Beberapa diantaranya adalah propinsi Kepulauan Riau, propinsi Bangka Belitung, propinsi Gorontalo,propinsi Banten, dan propinsi Papua Barat.

 

Anjungan Kepulauan Riau
Anjungan Kepulauan Riau

 

Anjungan Banten
Anjungan Banten

Selain beberapa anjungan baru di usia nya yang semakin matang ini beberapa tahun yang lalu TMII juga menambah beberapa bangunan baru seperti Taman Wisata TiongHoa dan Klenteng KongHucu. Tampak sekali TMII memfasilitasi beberapa golongan di Indonesia tidak hanya etnis pribumi saja. TMII ingin menjadikan indonesia satu, bukan hanya satu golongan atau suku bangsa tertentu saja, namun semua suku bangsa agar bersatu dan merasa saling memiliki.  Sama seperti tema HUT kali ini yaitu Indonesia Satoe.

Taman Budaya TiongHoa
Taman Budaya TiongHoa

 

Kelenteng KongHucu
Kelenteng KongHucu

 

Kepulauan Indonesia
Kepulauan Indonesia

Indonesia yang terdiri dari beberapa kepulauan ini digambarkan dalam sebuah danau yang ada di areal TMII. Pulau pulau menunjukkan kepulauan Indonesia. Namun meskipun terdiri dari beberapa suku dan pulau, Indonesia tetap satu. Pulau-pulau ini terlihat jelas dari atas jika kita menaiki wahana kereta gantung atau sky lift.

Pasti tertarik kan mengunjungi TMII dengan beberapa bangunan baru nya? Mari kita datang ke TMII. Sekarang jika kita ingin berkeliling TMII namun tidak mau capek, TMII mempunyai bis wisata yang cantik lho. Seperti ini penampakannya. Cantik bukan?

Bis keliling yang cantik
Bis keliling yang cantik

Berlibur pasti mengajak anak-anak dong. Jika  mengajak anak-anak pasti anak-anak suka ke Taman Burung TMII. Seperti anak-anakku. Soalnya selain ada bermacam-macam jenis burung, disana kita juga bisa memberi makan ikan dan bebas berlarian. Selain itu arena yang asri dan hijau membuat anak-anak betah di dalamnya. Sekarang Taman Burung semakin mempercantik diri lho. Nggak percaya ? Datang aja ke sana.

Taman Burung
Taman Burung

 

Lingkungan Taman Burung Yang Hijau dan Asri
Lingkungan Taman Burung Yang Hijau dan Asri

Wah…asyik ya berkunjung ke TMII. Buat yang sudah lama tidak berkunjung TMII sekarang tambah bagus lho. Ya iyalah…usianya saja sudah 39 tahun. Pasti harus makin matang dong. Kalau ingin berkeliling naik sepeda kita juga bisa menyewa sepeda lho di TMII. Biayanya lima belas ribu rupiah saja. Sepeda sewa ini ada di depan Keong Emas.

Keong Mas
Keong Mas
Persewaan sepeda di depan Keong Mas
Persewaan sepeda di depan Keong Mas

Berkunjung yuk ke TMII. Gratis lho tanggal 20 April pas HUT TMII. Pengin berkeliling TMII tapi takut tersesat ? Jangan khawatir sekarang ada banyak peta yang bisa diambil di bagian informasi. Selain itu tempat-tempat dan wahana – wahana di TMII pun masing-masing ada brosurnya lho. Nggak kalah deh TMII dengan tempat wisata di luar negeri. Masing-masing ada brosurnya seperti tempat-tempat wisata di luar negeri.

Brosur-brosur
Brosur-brosur

Berkeliling TMII pasti capek dan lapar donk. Jangan khawatir TMII menyediakan banyak tempat makan yang asyik punya lho. Selain asri, tempatnya juga oke buat nongkrong. Buat yang ingin kasih oleh-oleh buat saudara di rumah ada juga lho kios souvenir. Lengkap bukan TMII. Yuk kita rame-rame berkunjung ke TMII.

Tempat makan yang asri
Tempat makan yang asri
Kios Souvenir
Kios Souvenir

 

KIos Souvenir
KIos Souvenir

Setelah berbicara banyak tentang perkembangan TMII di usianya yang ke 39 tahun nggak lengkap dong  kalau aku nggak ngucapin selamat. Dari hati paling dalam kuucapkan ” Selamat Ulang Tahun ke 39 TMII, semoga bisa menyatukan kami yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan etnis  ini menjadi Indonesia Satu”

Buat yang penasaran acara peringatan HUT TMII ke 39 seperti apa,kita bisa saksikan videonya di bawah ini. Siapa tau dengan nonton videonya jadi ingin kesana.Ini dia videonya.

 

banner TMII kecil

 Tulisan ini diikut sertakan dalam Lomba Blog TMII dalam Rangka HUT TMII ke 39

 

 

Iklan

Penulis:

Seorang ibu rumah tangga dengan dua jagoan yang hobi membaca dan menulis

16 tanggapan untuk “Hari Ulang Tahun TMII Yang Ke 39 Gratis Masuk TMII

  1. Wah, menarik nih, mak! Thanks buat infonya yaaa, udah lama banget ga ke taman mini jadi pengen jalan-jalan ke sana.. ohya, itu foto-fotonya agak dibesarkan sedikit resolusinya, mak, biar keliatan jelas, hehe.. semoga sukses ya ikutan lomba blognya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s