Diposkan pada Travelling

Brussel Belgia, Place To Remember

Banyak tempat kenangan yang  kuingat. Salah satunya adalah  Brussel  ibukota Belgia. Nama Brusel diambil dari bahasa Belanda Broek Zele yang artinya kurang lebih adalah “tempat berawa-rawa”. Kota Belgia sendiri  (secara resmi disebut Kerajaan Belgia) adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat benua Eropa. Terletak di antara dua perbatasan budaya antara daerah Jermanik dan Latin, Belgia adalah sebuah negara dari dua kelompok etnik, Flandria dan Perancis, yang mana sebagian besarnya adalah Walloon dan sekelompok kecil adalah pembicara bahasa Jerman.

Pada bulan Juli tahun 2012 saya dan suami berkesempatan mengunjungi beberapa Negara Eropa sebagai hadiah dari sebuah lomba menulis yang kuikuti. Belgia adalah negara yang dilewati dalam perjalanan menuju Belanda. Di Belgia kita mengunjungi Brussel.

Di  Brussel kami mengunjungi Grand Place atau  Grote Markt. Ini adalah sebuah alun-alun yang dikelilingi beberapa bangunan tua yang megah seperti Town Hall, Guildhalls dan Breadhouse. Disini sering ada pertunjukan musik dari para pengamen. Bahkan pada saat kami kesana sedang berlangsung sebuah pesta pernikahan di salah satu gereja yang ada disana.

Pesta Pernikahan
Pesta Pernikahan (dok ; pribadi)

 

Town Hall
Town Hall (dok: pribadi)

 

Berseberangan dengan Town Hall, ada bangunan yang disebut dengan Maison du Roi atau di kenal dengan King’s house atau Rumah Raja, dinamakan King’s house karena  di sini pernah menjadi tempat tinggal raja. Bangunan ini disebut juga Broodhuis dalam bahasa Belanda atau Breadhouse karena awal mula bangunan ini adalah rumah kayu untuk berdagang roti pada awal abad 13. Lalu sekitar abad ke-15 bangunan ini dibongkar dan di rubah menjadi bangunan megah.

 

Maison Du Roi
Maison Du Roi (dok :pribadi)
grand palace 3
Maison des Ducs de Brabant (dokumen pribadi)

 

Di sekitar Grand Place terdapat patung Manekin Piss. Sebelum menuju patung Manekin Piss kita melewati lorong.  Lorong ini selalu penuh orang-orang. Ternyata mereka sedang mengusap patung Everard Serclaes yang menempel di dinding salah satu bangunan. Dia adalah pahlawan yang terbunuh saat memperjuangkan Brussel. Konon kabarnya patung ini membawa keberuntungan buat mereka yang mengusapnya.

Patung Everard Serclaes
Patung Everard Serclaes (dok:pribadi)

 

Patung Manekin Piss adalah patung anak kecil pipis dan menjadi icon kota Brussel . Patung ini terbuat dari perunggu  dengan tinggi  61 cm dan terletak di atas kolam.

Manekin Piss
Manekin Piss (dok:pribadi)

Pergi Ke Brussel tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kue Waffle . Letaknya di sekitar patung Manekin Piss. Harganya pun murah hanya satu Euro. Tapi rasanya enak sekali. Jika ingin membeli beberapa souvenir untuk oleh-oleh, ada beberapa kios souvenir di sekitar sini.

Toko Waffle (dok :pribadi)
Toko Waffle (dok :pribadi)

 

Toko souvenir (dok:pribadi)
Toko souvenir (dok:pribadi)

Ada dua hal yang membuat Brussel tidak terlupakan. Satu karena nenekku penggemar coklat. Dulu saat aku kecil nenekku sering membelikan aku coklat cap ayam Jago. Rasanya senang sekali dan selalu terkenang sampai sekarang. Belgia adalah salah satu Negara penghasil coklat terkenal di dunia. Dan di Brussel kita bisa menemukan banyak toko coklat dengan banyak pilihan dengan harga yang cukup terjangkau. Mengunjungi Brussel dan membeli coklat dengan berbagai macam pilihan merupakan kenangan tersendiri.

Memborong coklat (dok:pribadi)
Memborong coklat (dok:pribadi)

Jika aku terkesan dengan coklat, lain halnya dengan suamiku. Dia adalah penggemar komik Tintin di masa kecilnya. Tintin adalah tokoh rekaan karya komikus Belgia Georges Remi atau Herge (1907-1983). Tokoh ini digambarkan sebagai seorang wartawan muda asal Belgia berwajah kekanak-kanakan dengan jambul di kepalanya, giat melakukan penyelidikan kasus-kasus kriminal internasional, senang melakukan petualangan ke berbagai tempat, mulai dari Rusia hingga ke bulan, dan dalam setiap petualangannya ditemani seekor anjing jenis fox terrier bernama Milou.

Di Brussel ada toko khusus souvenir Tintin.  Beragam souvenir dijual disini.  Dari topi,  bros, kaos, gantungan kunci dan lain-lain. Kalau menurutku harganya lumayan mahal.Tapi buat yang senang dengan Tintin mungkin tidak terasa mahal. suamiku tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Beberapa souvenir bergambar Tintin dia bawa pulang sebagai koleksi pribadi.

Bagian dalam toko  Tintin
Bagian dalam toko Tintin (dok:pribadi)

 

Toko souvenir khusus Tintin (dok:pribadi)
Toko souvenir khusus Tintin (dok:pribadi)

 

Ah..Brussel benar-benar penuh kenangan. Rasanya ingin kesana lagi mengajak Faris sulungku yang suka banget sama coklat. Membiarkannya memilih milih berbagai macam coklat yang ada di sana. Atau mengajak Devin pergi ke toko Tintin dan melihat-lihat berbagai macam koleksi Tintin disana. Atau mengajak mereka berdua pergi ke Atomium. Pasti mereka senang sekali.

Atomium
Atomium (dok:pribadi)

 

Atomium terletak tidak jauh dari Stadion Heysel. Atomium ini adalah sebuah bangunan unik dan futuristik terdiri dari 9 bola atom raksasa sebagai kenang-kenangan Brussel Expo pada tahun 1958. Sayang saat mengunjunginya kami tidak sempat masuk dan hanya berfoto-foto di depan atomium.

Brussel…semoga kami bisa mengunjungimu lagi suatu hari nanti bersama krucils.  “A Place to Remember Giveaway”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Penulis:

Seorang ibu rumah tangga dengan dua jagoan yang hobi membaca dan menulis

13 tanggapan untuk “Brussel Belgia, Place To Remember

  1. asyiknya ada toko suvenir khas Tintin, saya termasuk penggemar berat seri Tintin, Mba. Cuma bukan dia idola saya, tapi justru Kapten Haddock dan si polisi kembar Thomson & Thompson weheheheee…. kapan2 klo kesana lagi titip ya Mba *eh 😉

    Terima kasih sudah meramaikan GA ini. Good luck 🙂

    1. Hihihi…kapan ya bisa kesana lagi *ngayal dot kom* . Wah ternyata sama deh penggemar TinTin kayak suamiku. Kalau mbak Uniek sempat kesana asyik deh pokoknya….banyak souvenirnya mbak. Tapi kebanyakan sih gambar TinTinnya mbak . Bukan kapten dan polisinya. Trima kasih mbak Uniek…

      1. Waduh bingung ya bedanya.Cuman kalau coklat disana kayaknya lebih banyak varian dan jenisnya ya.Bentuknya macam macam.Merknya lucu lucu banyak.Kalau waffle apa ya bedanya?Disana disajikan hangat dengan topping krim kocok ya.Kalau di Indonesia saya juga ngaku jarang makan waffle mbak.Hihi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s