Diposkan pada Lomba

Pentingnya Waktu Luang Buat Anak-Anak

Suatu pagi si kecil Devin tiba-tiba ngambek tidak mau sekolah. Bermacam cara kupakai untuk membujuknya agar pagi itu dia mau berangkat sekolah. tapi tidak berhasil juga.

Jujur,  sebagai ibu aku tidak bisa menerima alasan bosan dan capek dari Devin. Sudah bayar sekolah mahal-mahal kok bolos? Sayang banget kan uangnya. Tentu pemikiran sebagian besar orang tua adalah seperti itu.

Beberapa waktu terakhir ini si kecil lebih sering mengeluh bosan sekolah. Berbeda dengan kakaknya yang masih bersemangat pergi ke sekolah. Hal itulah yang mendorongku rajin browsing tentang perkembangan anak. Saat browsing tentang perkembangan anak , mataku tertuju pada Kids Today Project dari Rinso. Disana ada beberapa video tentang perspektif dunia di mata anak-anak.  Dan aku langsung tertegun saat melihat salah satu videonya seperti di bawah ini.

Melihat video ini membuat saya bisa menyelami kehidupan anak-anak. Melihat dunia dari kaca mata mereka. Ternyata dengan padatnya waktu mereka , mereka tidak punya waktu luang untuk bermain. Dan yang membikin saya merinding adalah ucapan mereka bahwa yang paling mereka suka adalah saat bermain bersama teman-teman.

Tiba-tiba aku menjadi merasa bersalah dengan Faris dan Devin. Baru kusadari ternyata selama ini mereka tidak mempunyai banyak waktu luang untuk diri mereka sendiri. Kedua anakku harus bangun jam setengah enam pagi. Sholat subuh , mandi dan sarapan dan harus segera berangkat sekolah. Sekolah dimulai pukul tujuh pagi dan baru pulang jam dua lebih sepuluh sepuluh menit.  Sampai di rumah sudah hampir jam tiga kurang seperempat.

Hiks…tiba-tiba merasa bersalah. Selama ini aku melihat kehidupan mereka dari “kacamataku” bukan “kacamata ” mereka. Dengan rutinitas monoton lima hari dalam seminggu ternyata mereka juga butuh waktu bermain. Bukan hanya saat weekend, tetapi setiap hari. Mungkin banyak dari kita sebagai orang tua yang masih melihat aktifitas harian mereka normal-normal saja tanpa memberikan kesempatan kepada anak-anak bermain. Padahal sebenarnya itu yang  mereka inginkan.

Jika kita lihat wajah anak-anak saat bermain,  mereka sungguh ceria. Mereka bergembira.  Karena bermain ternyata bisa menjadi sarana yang efektif untuk mengembangkan diri secara optimal, baik dalam aspek fisik-motorik, sosial-emosional, kognitif maupun bahasa. Dengan bermain sebenarnya mereka bisa mendapatkan banyak hal. Bisa belajar dari setiap pengalaman  dan tidak harus dari pendidikan formal di sekolah. Jadi ingat wajah anak-anakku yang gembira saat bermain.

Bermain bola di Kebun Raya Bogor
Bermain bola di Kebun Raya Bogor
Taman Bermain
Bermain di Taman Bermain
Siap bermain kotor-kotoran di Zona Main Rinso
Siap bermain kotor-kotoran di Zona Main Rinso

Membayangkan wajah gembira anak-anakku seperti menyelami kehidupan mereka melalui kacamata mereka seperti video di bawah ini.

Melalui bermain anak-anak belajar pengalaman. Mereka belajar dari kegiatan sehari-hari yang mereka temui . Bermain bisa membuat mereka belajar memecahkan sesuatu yang berguna untuk masa depan mereka. Disini kita para orang tua memegang peranan penting. Mari kita dukung mereka dalam bermain  serta menempatkan diri kita  melihat sesuatu  dari sudut pandang mereka.

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Kids Today Project dari Rinso Indonesia   #KidsToday dengan informasi dari Mommies Daily

Iklan

Penulis:

Seorang ibu rumah tangga dengan dua jagoan yang hobi membaca dan menulis

4 tanggapan untuk “Pentingnya Waktu Luang Buat Anak-Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s