Diposkan pada Review

Enam Tips Menjaga Kesehatan Anak

Hari ini ada pemberitahuan dari wa grup kelas Devin. Salah satu temannya masuk rumah sakit dan harus dirawat karena demam berdarah. Kemarin tiga orang temannya juga tidak masuk kelas karena sakit. Sekarang memang lagi musim anak-anak sakit. Tidak hanya di kelas Devin, di lingkungan pun juga. Minggu kemarin Zira tetangga sebelah rumah juga abis dirawat di rumah sakit karena sakit thypus. Anak-anak memang gampang dan rentan penyakit. Apalagi di musim hujan dan musim penyakit demama berdarah seperti ini

Terkadang aku sendiri juga mempunyai rasa khawatir yang berlebihan saat anak-anak terkena sakit seperti demam atau batuk pilek. Apalagi sakit parah seperti demam berdarah atau thypus. Kita tidak pernah bisa menghindar saat anak-anak sakit. Tapi setidaknya kita bisa mencegah sakit apabila kita menerapkan gaya hidup sehat.

Sebagai anak yang aktif dan gemar beraktifitas outdoor kesehatan sangat penting buat duo krucils. Karena setiap hari mereka aktif dan bergerak.  Dari main bola sampai main sepeda, dari berenang sampai outbond. Jadi aku mempunyai tips agar anak-anak tetap bisa beraktifitas dengan menjaga kesehatan mereka.

Enam Tips menjaga kesehatan anak :

1. Memberikan makanan yang bergizi berupa sayur dan buah

Dengan memberi mereka sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan mineral sehingga anak-anak akan terhindar dari penyakit influenza atau penyakit lain yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Dengan makan sayur dan buah daya tahan tubuh anak-anak menjadi lebih kebal dan kuat. Memang butuh perjuangan tersendiri untuk kita sebagai seorang ibu untuk menyajikan sayur dan buah dalam kondisi menarik karena kebanyakan anak-anak tidak suka sayur dan buah.

pesona co.id
berikan sayur dan buah  kepada anak-anak

2. Hindari makanan instan dan makanan yang mengandung pengawet

Anak-anak paling suka makan makanan instan dan makanan cepat saji karena rasanya lebih enak dan lezat. Burger, ayam cepat saji, kentang goreng adalah makanan favorit yang disukai anak-anak. Boleh sih memakan makanan instan dan cepat saji asal tidak sering-sering. Selain karena proses penyajiannya yang cepat, makanan instan dan cepat saji mengandung banyak pengawet yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Usahakan juga tidak sering-sering mengkonsumsi makanan beku yang mengandung pengawet.

3. Cuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan sebelum makan sepertinya adalah hal sepele. Namun terkadang hal-hal sepele seperti ini yang sering dilupakan oleh anak-anak. Terkadang anak-anak main comot kue atau pisang goreng di atas meja begitu saja setelah capek berkeringat naik sepeda keliling komplek. Atau mereka main makan saja  padahal  tangan masih kotor. Padahal  lupa mencuci tangan sebelum makan bisa mengakibatkan sakit perut akibat ikut masuknya bakteri yang tidak sengaja dan tidak kelihatan di tangan yang kotor. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun saat mau makan.

4. Waktu istirahat dan tidur yang cukup

Setelah seharian beraktifitas di sekolah,  les atau mengaji  dan bermain di sore hari, anak- anak  pasti merasa capek. Tubuh mereka butuh istirahat dan tidur yang cukup untuk mengembalikan kesegaran tubuh mereka. Saat tidur, tubuh akan mengisi ulang energi dan beregenerasi. Tidur yang cukup akan membantu pertumbuhan dan produktivitas anak, serta membantu perkembangan fisik dan mental anak. Kurang tidur di malam hari akan meyebabkan anak-anak lesu dan lemas di sekolah. Jadi jangan biasakan anak-anak begadang untuk belajar atau menonton televisi kesukaan mereka sampai larut malam.

5. Rajin olah raga

Meskipun kelihatannya sepele, namun olah raga terbukti bisa menjaga kesehatan tubuh si kecil. Nggak usah olah raga yang berat-berat, bersepeda keliling komplek, berenang atau main sepak bola bersama teman-teman termasuk olah raga ringan dan menyenangkan buat si kecil. Mereka tidak merasa sedang berolah raga, mereka seperti sedang bermain-main  kesukaan mereka, padahal secara tidak langsung bermain bola bersama teman, bermain air dengan berenang atau bersepeda keliling komplek adalah olah raga yang menyehatkan.

berenang
berenang

6. Mandi dan membersihkan tubuh dengan teratur

Mandi sehari dua kali adalah wajib bagi kita dan anak-anak. Selain membuat tubuh segar, mandi juga bisa menghilangkan kotoran dan bakteri serta kuman yang menempel. Sayangnya terkadang anak-anak kalau sore hari dan sedang asyik bermain di luar jadi males mandi. Ibunya teriak  baru mereka  mandi. Hihihi…

Kini ada sabun keluarga lifebouy clini-shield 10 yang berbentuk gel. Tidak mudah tumpah dan mudah digunakan oleh anak-anak. Dengan format konsentrat memberikan busa yang lebih banyak meskipun hanya dengan satu tetes. Mandi pun terasa lebih menyenangkan buat anak-anak karena busanya banyak. Emaknya sih juga seneng karena lebih irit pemakaian sabunnya. *emak-emak pengiritan* Ya iyalaah…cukup satu tetes gitu looh. Dengan active natural shield 10 kali melindungi lebih banyak dari kuman sehingga anak-anak terhindar dari penyakit. Selain  itu sabun shower gel ini  wangi nya segar dan tahan lama membuat si emak pengin cium-cium duo krucils  meskipun mereka sudah besar.

lifebouy

Bagaimana bunda-bunda sekalian, mudah kan menjaga kesehatan si kecil agar tidak gampang terkena sakit. Salah satunya ya memakai sabun anti kuman buat mandi. Semoga tips-tipsnya mudah diterapkan ya.

Iklan

Penulis:

Seorang ibu rumah tangga dengan dua jagoan yang hobi membaca dan menulis

12 tanggapan untuk “Enam Tips Menjaga Kesehatan Anak

  1. olahraga mmg terbukti bikin anak2 jd gak gampang sakit mbak, Shidqi krn rajin naik sepeda ke sekolah, alhamdulillah jd lbh kuat fisiknya.. oiya aku juga pakai lifebuoy clini-shield, suka sm aroma yg hijau 🙂

    1. Iya Mbak Myra. anak-anak juga olah raganya seringnya cuma futsal seminggu sekali Devin, naik sepeda keliling komplek kalau sore dan kadang-kadang berenang. Tapi lumayan lah…Anak-anak diajakin olah raga yuk mbak. Biar sehat 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s