Diposkan pada Event

Gerakan Mencerdaskan Bangsa Melalui Nutrisi Dan Stimulasi Yang Tepat

Sabtu, 2 April 2016 saya menghadiri Seminar Gerakan Siap Cerdaskan Bangsa persembahan Morinaga  di Kota Kasablanka. Acara yang dimulai di pagi hari tampak dipadati pengunjung. Ratusan orang tua menghadiri acara seminar ini. Acaranya meriah karena banyak booth-booth Morinaga yang ikut meramaikan suasana.

suasana registrasi
suasana registrasi
both booth
Booth Morinaga

Selain booth grup kalbe yang ikut memeriahkan acara, di acara  seminar juga dimeriahkan oleh Badut Chila dan Chilo. Para pengunjung tampak senang dengan adanya badut Chila dan Chilo dan sebagian tampak berfoto dengan si badut.

chila chilo
Badut chila dan chilo

Anak-anak dan para bunda juga bisa berfoto di booth foto yang disediakan oleh Morinaga. Tampak beberapa bunda dan anak-anak antusias melakukan sesi foto. Sesi foto ini juga penting agar anak-anak tidak merasa bosan menunggu bundanya yang mengikuti seminar.

booth foto
booth foto
morinagaku ok
Aku ikutan berfoto di booth

Melalui dukungan bunda dalam program #siapcerdaskanbangsa Morinaga akan mendonasikan 100 juta rupiah untuk rehabilitasi sekolah di Indonesia. Caranya dengan mengumpulkan satu juta suara dengan klik “saya mendukung” di web www.siapcerdaskan.com.

Seminar Mencerdaskan Bangsa juga diikuti oleh kegiatan 1000 hadiah pertama. Morinaga Platinum mengajak para Bunda dan Ayah untuk membantu mewujudkan mimpi anak – anak Indonesia meraih masa depan yang lebih baik. Kita bisa mendonasikan buku atau mainan edukatif saat mengikuti seminar. Kebetulan beberapa hari sebelum seminar aku menyempatkan diri membeli beberapa buku anak-anak. Jadi bisa ikut berdonasi pada acara 1000 hadiah pertama ini.

donasi buku
Buku donasi diterima oleh mbak panitia

Seminar Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Seminar ini menghadirkan tiga nara sumber yaitu DR.Dr.Ahmad Suryawan,SpA (K), DR.Dr Anang Endaryanto, SpA,(K) dan DR.Rose Mini,A.P, MP.Si. Sebagai dokter ahli tumbuh kembang anak, Dr. Ahmad Suryawan menjelaskan tentang kunci utama fungsi kerja otak anak yaitu Nutrisi dan Stimulasi. Dr. Anang menjelaskan tentang alergi dan  Dr.Rose Mini tentang Mengenali kecerdasan sejak dini.
DR.Dr. Ahmad Suryawan, SpA (K)
 
Pada prinsipnya, semakin banyak sinaps otak yang terbentuk maka semakin besar kapabilitas yang dimiliki seorang anak untuk belajar. Sebanyak apa sinaps yang mampu dibentuk oleh anak? Jawabannya adalah terletak pada interaksi faktor genetik dan lingkungan pengasuhan anak itu sehari-hari. Faktor genetik hanyalah sebuah cetak biru atau pola rencana dari otak seorang anak untuk berkrmbang ke depan. Akan tetapi, proses pembangunan sirkuit  otaknya ditentukan oleh faktor lingkungan pengasuhan sehari-hari. Terdapat dua hal dalam faktor pengasuhan tersebut yaitu : nutrisi dan pemberian pengalaman atau lebih dikenal dengan istilah stimulasi. 
Dokter Wawan 2
Dr.Wawan

Perkembangan otak anak akan berjalan sesuai dengan tahapan usia anak. Pada masing-masing tahapan usia anak tersebut, otak yang sehat dan normal mempunyai ciri dan karakteristik yang khas. Orang tua dapat melihat dan mempelajari karakteristik otak anaknya melalui berbagai hal yang dilakukan anak sehari-hari.

Pada saat bayi baru lahir, berat otak hanya sekitar 400 gram dan belum sepenuhnya berkembang. Namun ketika anak berusia 2-3 tahun, berat otak mencapai 3 kali lipat atau sudah sekitar 1100 gram atau berarti 70-80% berat otak orang dewasa.

Masa dalam kandungan hingga usia anak 3 tahun adalah masa penentu perkembangan otak anak :

1. Tahun Pertama

Sepanjang tahun pertama sejak dilahirkan, otak anak terus berkembang dengan kecepatan yang menakjubkan. Area otak yang khusus untuk fungsi penglihatan berkembang sangat pesat, yang awalnya bayi hanya dapat  melihat bayangan kabur akan berkembang menjadi melihat secara jelas dan kedua matanya. Otak kecil atau disebut  juga dengan serebelum berkembang tiga kali lipat, sehingga anak menunjukkan perkembangan pesat di bidang ketrampilan motorik.

2. Tahun kedua

Pada periode tahun kedua ini akan terjadi peningkatan proses mielinisasi (selubung lemak pada sel otak yang berfungsi untuk mempercepat hantaran informasi) sehingga anak mulai dapat melakukan berbagai ketrampilan yang lebih kompleks. kemampuan kognitif atau kecerdasan yang lebih tinggi akan semakin terbentuk, seperti emosi dan kemandirian. Mulai terjadi transisi pengenalan diri sendiri yang berawal dari konsep ‘Aku’ atau ‘Saya’ menjadi konsep ‘Nama’.

3. Tahun ketiga

Pada tahun ketiga, kepadatan sirkuit atau sinaps di otak bagian depan mencapai puncaknya. Bahkan kepadatan sinaps di area ini mencapai 200 persen lebih tinggi dibandingkan dengan otak orang dewasa. Area otak bagian depan semakin terhubung dan berkonsolidasi dengan area otak yang lain. Sehingga, akan menghasilkan seorang anak yang mampu mengingat memori masa lampau untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Seorang anak mampu menganalisis dan memahami sebuah proses sebab akibat.

Peserta seminar 1
para bunda serius mendengarkan penjelasan

Dalam seminar ini Dr. Wawan juga menjelaskan secara detail stimulasi apa yang diberikan orang tua untuk mengembangkan struktur dan fungsi otak anak. Dimulai usia anak 0-3 bulan, 3-6 bulan, 6-9 bulan , 9-12 bulan dan seterusnya sampai usia 30-36 bulan. 

Selain stimulasi, nutrisi anak yang diberikan juga harus tepat. Morinaga Chil Kid Platinum merupakan susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun dengan Formula Moricare+ Prodiges. Morinaga Platinum MoriCare+ Prodiges dilengkapi dengan sinergi nutrisi tepat antara Faktor Kecerdasan Multitalenta (untuk perkembangan sel otak anak), Faktor Pertahanan Tubuh Ganda (agar anak tidak mudah sakit), dan Faktor Tumbuh Kembang Optimal agar anak tumbuh menjadi generasi platinum.

morinaga cerdass
Nutrisi untuk perkembangan otak

Morinaga merupakan salah satu  produk KALBE Nutritionals – sebagai Health Foods Divison dari PT Kalbe Farma Tbk.

kalbe copy

DR.Dr.Anang Endaryanto,SpA (K)

Sistem pertahanan tubuh anak adalah sistem pada anak yang dibentuk dengan tujuan  untuk melindungi tubuh anak terhadap serangan dari dalam maupun dari dalam tubuh anak. Sistem pertahanan tubuh anak bekerja dengan cara mengenali dan membunuh penyerang dari luar (kuman)  atau menyerang dari dalam (sel kanker). Sistem pertahanan tubuh alami dan sistem pertahanan tubuh yang diperoleh dari hasil adaptasi.

Selanjutnya Dr. Anang menjelaskan tentang 4 macam gangguan utama pada daya tahan tubuh anak. Diantaranya adalah defisiensi kekebalan, otoimun, alergi dan kanker. Alergi  ini banyak dibahas karena banyak orang tua yang anaknya alergi.

Alergi terjadi bila sistem pertahanan tubuh anak bereaksi berlebihan terhadap paparan protein yang bagi individu normal tidak menyebabkan gangguan. Contoh penyakit alergi adalah asma alergi yaitu gangguan pernafasan setelah terpapar alergen tertentu. Jika alergen terpapar paada anak dan paru-paru anak sensitif terhadap alergen tersebut (jamur, bulu binatang, debu rumah) maka saluran pernafasan akan menyempit sehingga anak akan sulit bernafas.

Gejala alergi biasanya berlangsung cukup lama dan tak kunjung sembuh. Gejala sering berulang dengan penyebab yang sama misalnya setelah mengkonsumsi makanan tertentu, berada di dekat hewan berbulu atau terpapar debu rumah. Anak yang memiliki riwayat keluarga alergi ( ayah, ibu, saudara kandung, kakek atau nenek) mempunyai prosentase untuk mempunyai alergi lebi besar dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mempunyai riwayat alergi di keluarganya.

Dr. Anang Endaryanto, Sp.A (K)
Dr. Anang
peserta seminar 2
peserta seminar serius

DR.Rose Mini,A.P, MP.Si

DR.Rose Mini atau yang biasa dipanggil Bunda Romi adalah pembicara ketiga dalam acara Seminar Mencerdaskan Kehidupan Bangsa ini. Beliau yang enerjik dan atraktif langsung menyedot perhatian para ayah bunda. Peserta yang mulai bosan karena mendengarkan seminar sejak pagi langsung ceria dengan munculnya Bunda Romi di panggung. Beliau membuat beberapa orang tua maju ke depan panggung untuk mengikuti games. Para ayah dan bunda yang berhasil menjawab games mendapat hadiah dari Morinaga.

DR. Rose Mini, A.P., M.P.Si
Bunda Romi

Setelah suasana seminar hidup kembali, beliau langsung menjelaskan kepada para peserta tentang mengenali kecerdasan sejak dini dan mewujudkan talenta si kecil. Bunda Romi menjelaskan tentang kecerdasan majemuk atau  Multiple Intelligence (MI) , kecerdasan adalah keseluruhan kapasitas seseorang dalam mengatasi masalah, sedangkan talenta merupakan kemampuan menonjol seseorang di suatu bidang tertentu. Menurut MI setiap anak memiliki kecerdasan beragam dan kecerdasan anak itu harus distimulasi agar berkembang optimal.

Pada dasarnya  ada delapan jenis kecerdasan anak yang perlu orang tua ketahui.

kecerdasan majemuk

8 jenis kecerdasan majemuk (sumber gambar: disini)

Delapan jenis kecerdasan anak tersebut adalah sebagai berikut : 

  • Kecerdasan Interpersonal
    Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain secara efektif. Serta kemampuan untuk berempati dan memahami orang lain.
  • Kecerdasan Intrapersonal
    Kemampuan untuk menganalisa diri sendiri, menggunakan perasaannya, agar bisa membuat perencanaan dan tujuan. Kecerdasan intrapersonal berkaitan dengan rasa percaya diri anak.
  • Kecerdasan Logika Matematika
    Kemampuan untuk berhitung, berpikir sistematis, dan aritmatika. Caranya dengan mengajarkan anak mengelompokkan benda yang berwarna sama atau mengurutkan benda dari yang terkecil hingga terbesar.
  • Kecerdasan Kinestetik
    Kemampuan menggunakan kecekatan tubuh untuk mengatasi masalah dan menghasilkan suatu produk
  • Kecerdasan Linguistik
    Kemampuan untuk menekspresikan diri secara verbal, membaca, menulis, dan berkomunikasi. Anak tidak otomatis bisa langsung berbicara harus distimulasi.
  • Kecerdasan Naturalis
    Kemampuan untuk mengenali flora dan fauna serta melihat perbedaan dan persamaan yang ada pada alam.
  • Kecerdasan Visual Parsial
    Kemampuan untuk membayangkan suatu hasil akhir, berpikir sistematis, mengimajinasikan sesuatu, dan lainnya. Menstimulasinya bisa dengan cara mengenalkan arah kiri-kanan dan atas bawah.
  • Kecerdasan Musikal
    Kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan musik, menciptakan lagu, mengerti dan memahami musik, menyanyi, dan lain-lain. Bisa dilakukan dengan mengajak anak bernyanyi atau bertepuk tangan.

Wah ternyata ada banyak kecerdasan si kecil ya. Dengan mengetahui kecerdasan si kecil sejak dini kita bisa mengetahui bakat anak sejak dini dan mengarahkannya. Sejak usia balita anak-anak sudah saya ikutkan tes kecerdasan ini. Hasilnya meskipun kakak beradik namun hasilnya beda.

Hasil tes kemampuan si kakak menunjukkan bahwa kecerdasan bahasa atau kecerdasan verbal dia lebih menonjol. Jadi dia bisa lebih memahami cerita baik dengan cara mendengarkan atau membaca buku. Kebetulan sejak usia setahunan anak-anak sudah terbiasa dibacain buku cerita sebelum tidur. Ternyata tanpa kusadari ini adalah cara menstimulasi kecerdasan verbal mereka. Kebetulan si kakak lebih menonjol untuk kecerdasan verbal ini. Sampai sekarang kelas 4 SD pun belajar bahasa arab, bahasa Inggris atau memahami cerita dalam buku dia lebih cepat paham.

buku stimulasi

Sebagian buku dan mainan anak-anak saat balita

fadev kecil 1

bermain lego

Jika si kakak lebih menonjol ke kemampuan verbalnya, dari hasil tes  si adik kecerdasan intrapersonal dan interpersonalnya lebih tinggi. Jadi dia lebih mudah kenal dan beradaptasi dengan orang lain. Sifat empatinya pun lebih tinggi dibanding dengan si kakak. Dulu saat masih kecil dia suka main dokter-dokteran. Katanya senang bisa menolong orang lain. Sampai sekarang pun si adik lebih mudah kenal dengan orang baru dan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.

fadev kecil 2

bermain dokter-dokteran

Jadi kesimpulannya nutrisi dan stimulasi yang tepat bisa menunjang kecerdasan si kecil di 1000 hari pertamanya. Parenting Seminar Morinaga“Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini” ini dilaksanakan di 15 kota selama Bulan April sampai September 2016. Bunda juga ingin mengikuti seminar mencerdaskan bangsa oleh Morinaga ini? Bunda bisa  berdonasi melalui dukungan atau berdonasi buku dan mainan edukatif dalam acara seminar.

sertifikat

logo-morinaga

 

 

 

 

 

 

Untuk lebih lengkapnya kunjungi website  www.siapcerdaskanbangsa.com

  • Facebook: Morinaga Platinum
  • Twitter: @Morinagaid
  • Instagram: @MorinagaPlatinum

 

 

 

Iklan

Penulis:

Seorang ibu rumah tangga dengan dua jagoan yang hobi membaca dan menulis

14 tanggapan untuk “Gerakan Mencerdaskan Bangsa Melalui Nutrisi Dan Stimulasi Yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s