Diposkan pada Review

Review Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad

Minggu, 22 Mei 2016 lalu saya bersama beberapa blogger berkesempatan ikut peluncuran buku Kisah Hebat Nabi Muhammad. Faris anak pertamaku sangat suka cerita-cerita  islam dan kisah-kisah nabi. Setiap malam sebelum tidur pasti minta dibacain kisah-kisah nabi atau cerita islami lainnya. Makanya saat ada undangan peluncuran buku ini aku antusias banget datang dan ingin tahu tentang isi bukunya.

sebagian peserta
Sebagian peserta di acara launching buku

Acara launching buku Kisah Hebat Nabi Muhammad berlangsung sukses. Banyak pertanyaan dari peserta yang dijawab dengan baik oleh Mbak Astri. Buat yang belum kenal dengan Mbak Astri sini deh aku kasih tahu. Mbak Astri adalah seorang penulis buku yang sekarang lebih fokus pada buku anak-anak. Sudah lebih dari 100 buku karyanya dijual bebas atau menjadi pengayaan bahan ajar.

Di akhir acara ada signing book oleh Mbak Astri. Para peserta  bergerombol untuk mendapat tanda tangan Mbak Astri. Aku pun ikutan ngantri buat dapat tanda tangan langsung dari penulisnya. Pasti Faris senang sekali.

sign book
Antri minta tanda tangan

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW

 

buku kisah nabi

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW karangan Mbak Astri Damayanti ini terdiri dari 265 halaman dengan 87 kisah.  Diterbitkan oleh Penerbit Qibla dari BIP. Dengan sampul warna-warni yang eye catching dan lembar buku berwarna membuat anak-anak tertarik untuk membacanya.

Kisah-kisah di dalam buku ini merupakan kisah-kisah Nabi Muhammad bersama para sahabat, musuh-musuhnya seperti Abu Lahab dan beberapa kisah umatnya yang hidup di jamannya. Contohnya kisah seorang nenek yang ingin masuk surga dan menghadap nabi.Sang nenek bersedih saat Nabi Muhammad bilang tidak ada nenek yang masuk surga. Namun kesedihan si nenek berubah menjadi kegembiraan saat beliau berkata si nenek akan menjadi muda saat berada di surga.

Sebagai penulis yang menyasar kalangan anak-anak, Mbak Astri sangat pandai dalam mengemas buku ini agar disukai anak-anak. Kisah-kisah teladan tersebut disampaikan dengan bahasa yang mudah diminati anak-anak dan hanya terdiri dari 2-3 halaman per judul cerita. Jadi anak-anak tidak merasa bosan membaca berlembar-lembar buku. Masing-masing cerita juga diberi ilustrasi berupa gambar berwarna yang mendukung isi cerita. Bahkan buku ini bisa dibaca oleh seorang anak kelas satu SD yang sedang belajar membaca.

buku nabi muhammad

Meskipun dalam satu judul hanya terdiri dari dua atau tiga halaman, namun buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW ini tidak kehilangan esensinya. Pesan yang ingin disampaikan sudah terkandung di dalam  setiap judul cerita. Tak heran Faris anakku pun suka banget baca buku ini. Bahkan buku  yang sekarang menghuni rak perpustakaan mungil kami ini dilahapnya dalam sehari.

Selain kisah tentang Nabi Muhammad, buku ini juga berkisah tentang kisah nabi yang lain selain Nabi Muhammad SAW. Ada kisah tentang Nabi Yunus, Nabi ibrahim, Nabi Ismail, Nabi Yusuf dan lain sebagainya. Jadi selain kisah Nabi Muhammad anak-anak secara tidak langsung juga bisa mengetahui kisah-kisah nabi lain saat membaca buku ini. Tidak usah membeli kisah 25 para nabi, karena sebagian kisah para nabi sudah termuat dalam buku ini. Kisah favorit anakku adalah Kisah Nabi Yusuf.

nabi yusuf
Kisah Nabi Yusuf As

Lain kakak lain pula si adik. jika si Faris lebih suka membaca buku kisah-kisah nabi dan kisah-kisah islami lainnya, Devin adiknya beda lagi. Selama ini Devin lebih suka membaca tentang dongeng nusantara, legenda dan fabel. Ternyata buku ini lengkap. Bisa memenuhi kebutuhan Faris yang suka kisah para nabi dan bisa membuat Devin tertarik juga untuk membacanya karena di dalamnya ada banyak cerita binatang. Di buku ini terdapat kisah tentang Burung Hud-Hud pengantar surat, anjing yang masuk surga, gajah dan Burung Ababil dan banyak cerita binatang lainnya. Jadi Devin yang suka cerita fabel pun ikut-ikutan membaca buku ini.

unta
Cerita Binatang di buku

Sepupu Faris Devin yang masih berusia 3,5 tahun pun tampaknya tertarik dengan buku ini. maklum sampulnya warna-warni dan dalamnya pun berwarna. Namun karena belum bisa membaca dia minta tolong Faris buat bacain. Anteng juga ternyata Elang dibacain buku kisah nabi sama kakak sepupunya. Hihihi….

Membelikan   Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad ini secara tidak langsung menanamkan nilai-nilai islami dan nilai-nilai teladan kepada anak-anak. Tidak perlu menasehati dan mengomel panjang lebar. Berikan saja buku ini da biarkan anak-anak membaca. Dengan bahasa yang mudah dipahami membuat anak-anak lebih mudah memahami kisah-kisah hikmah yang ada di dalamnya.

Bulan Puasa ini kedua anakku belajar  masuk pesantren kilat selama 21 hari. Buku ini sudah selesai dilahapnya dalam sehari beberapa waktu lalu. Namun kadang-kadang dia masih suka baca juga sih sebelum tidur, sebagai pengganti dongeng ibunya yang terkadang kecapaian dan tidak sempat mendongeng. Buat anak-anak yang sedang berpuasa di rumah, buku ini bisa menjadi referensi bacaan di rumah sambil menunggu magrib tiba. Daripada menonton TV seharian atau main game, membaca buku ini bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu puasa untuk anak-anak. Menasehati tanpa menggurui. Sepertinya itu adalah ungkapan yang tepat saat anak-anak membaca kisah-kisah ajaib di buku ini.

Selain di Gramedia, “Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad bisa dibeli di MatahariMall.com”. Harganya 115 ribu ya..

Iklan

Penulis:

Seorang ibu rumah tangga dengan dua jagoan yang hobi membaca dan menulis

16 tanggapan untuk “Review Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad

  1. Sepakat mbak..aku juga lebih seneng kalau anak2 anteng mbaca buku daripada ngegame , asyik dengan gadget di tangan. Bukunya cakep, bisa sekalian matengin materi pend. Agama Islam di sekolah mbak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s