Diposkan pada Lomba

Berartinya Sebuah Penghargaan

Senin pagi di sebuah Sekolah Menengah Pertama di Magelang. Anak-anak mengikuti upacara bendera dengan tertib. Upacara berlangsung khidmat. Dan tiba saatnya Bapak Kepala Sekolah menyampaikan amanat dan pengumuman penting. Tiba-tiba namaku dipanggil ke depan. Aku  terlonjak kaget. Disaksikan ratusan murid berbaju putih biru  aku menerima piagam dan bingkisan cokelat itu. Itu adalah kenangan 26 tahun silam saat aku duduk di kelas satu SMP. Penghargaan pertama yang kuperoleh di SMP.

Selembar piagam bertuliskan juara umum ketiga dalam semester pertama dari 240 siswa kelas satu itu begitu membekas di hati. Mematahkan semua rasa minder saat aku si anak desa mampu bersaing dengan anak-anak kota di SMP ku. Pun bungkusan cokelat berisi beberapa buah buku tulis bergambar logo SMP ku. Membuat rasa bangga dan support tersendiri untukku. Bukan nilainya yang hanya beberapa buah buku tulis. Namun penghargaan sekolah atas prestasiku menjadi juara umum ketiga membuatku merasa ‘ada’. Segala usaha dan ketekunan belajar selama ini diberi penghargaan dari sekolah.

Kita tidak boleh memandang rendah beberapa buah buku tulis. Karena dari beberapa buah buku tulis itu rasa percaya diriku muncul dan memangkas habis semua rasa minder yang ada. Begitu pun saat aku duduk di bangku SMA. Penghargaan yang kuterima dari sekolah selalu melecutku untuk sukses dan mempersembahkan yang terbaik untuk sekolah. 

Dari pengalaman saat sekolah dan kuliah di masa lalu, aku mengambil satu kesimpulan bahwa penghargaan itu penting. Tentu saja tidak semua penghargaan  harus berupa materi. Menghargai orang lain yang telah bekerja dan membantu pekerjaan kita juga hal yang penting.

“Terima kasih ya Mbak “, kataku pada si mbak.

Si mbak cuci setrika telah  bekerja di rumahku selama enam tahun. Dan hampir setiap hari aku mengucapkan terima kasih saat dia mau pulang karena telah membantu pekerjaanku hari itu. Sepertinya hal sepele. Namun itu yang membuat si mbak kerasan. Dia merasa ‘dihargai’ dan dianggap ada.

“Minta tolong bersihkan kamarku ya Mbak”, kataku

Pokoknya setiap pekerjaan aku awali dengan kata ‘tolong’ dan diakhiri dengan ‘terima kasih’. Sepertinya hal sepele ya. Namun karena kebiasaan aku sudah terbiasa mengucapkannya. Dan dampaknya sangat besar terhadap loyalitas si mbak. Si mbak ini biasanya ‘nyambi’ kerja di rumah lain sepulang dari rumahku. Namun biasanya  hanya bertahan 3 bulanan saja dan sudah berganti-ganti belasan majikan. Di rumahku dia betah selama enam tahun. Perasaan dihargai ternyata berdampak besar pada kinerja dan loyalitas seseorang. 

Selain penghargaan berupa rasa hormat dan menghargai tentu saja aku juga memberinya beberapa penghargaan berupa materi seperti oleh-oleh saat pulang bepergian, aneka barang saat aku menang lomba menulis atau  kuis serta bonus tahunan.

Lain aku lain pula ibuku. Kebetulan ibuku mempunyai dua buah toko. Mencari karyawan jaman sekarang gampang-gampang susah. Alhamdulilah karyawan ibuku selalu kerasan bekerja di toko kami. Itu karena penghargaan yang diberikan ibuku untuk karyawannya. Bonus harian jika toko hari itu rame, oleh-oleh setiap ibuku habis bepergian dan acara jalan-jalan bersama jika ibuku dan adikku jalan-jalan. Dengan diajak jalan-jalan dan piknik karyawan merasa dihargai dan merasa senang sehingga mereka pun loyal terhadap ibu dan adikku. 

pantai ike
adikku dan karyawan jalan rame-rame ke Pantai

Saat ada anggota keluarga yang ulang tahun pun para karyawan diajak makan rame-rame di restoran. Perasaan dihargai dan dianggap keluarga oleh ibu dan adikku ternyata berdampak besar terhadap kinerja para karyawan. Mereka jujur dan loyal.

ultah
makan rame-rame tiap ada yang ultah

Jadi menurutku…sebuah penghargaan itu berdampak besar sekali. Terutama kepada orang yang diberi penghargaan. A little things means a lot. 

Arti penghargaan buatku adalah : 

  1. Memberi motivasi atau semangat pada si penerima penghargaan.
  2. Membuat penerima penghargaan dihargai dan dianggap penting atau ada.
  3. Menghilangkan rasa minder dan membuat dia merasa mampu mengerjakan tugas dan kewajibannya.
  4. Meningkatkan rasa kesetiaan dan loyalitas terhadap perusahaan, instansi atau majikan.
  5. Meningkatkan etos kerja si penerima penghargaan.

 

Vocher Belanja Sodexo

Sekarang ini banyak perusahaan yang memberikan reward kepada karyawannya.  Reward diberikan atas prestasi dan kerja keras para karyawan di tahun itu. Biasanya reward   diberikan kepada karyawan melalui bonus berupa jalan-jalan ramai-ramai satu perusahaan ke tempat tujuan wisata. Namun cara ini sekarang dianggap lebih ribet karena perusahaan harus mengurus sewa transportasi, akomodasi termasuk menyewa hotel dan menghubungi travel agent untuk mengkoordinir acara jalan-jalan.

Salah satu cara memberikan reward yang praktis adalah melalui pemberian Vocher Belanja Sodexo kepada para karyawan. Dengan pemberian Vocher Belanja Sodexo seluruh keluarga karyawan bisa menikmatinya karena vocher ini bisa digunakan untuk berbelanja seluruh anggota keluarga dan tidak hanya dinikmati oleh kepala keluarga.

Selain diberikan kepada karyawan, Vocher Belanja Sodexo juga bisa diberikan kepada relasi perusahaan sebagai hadiah. Dengan Vocher Belanja Sodexo,  karyawan dan relasi bisa bebas memilih hadiah yang diinginkan karena vocher ini berlaku di 269 merchants dan 14.170 outlets di Indonesia. Woow….

Ada beberapa macam Vocher Belanja  Sodexo yaitu : 

  • Sodexo gift pas

Sodexo Gift Pass adalah media motivasi yang sempurna untuk karyawan dan pelanggan Anda dengan akses ke berbagai jenis usaha seperti Hypermarket, Department Store, Convenient Store, Restoran, dan banyak yang lainnya.

  • Sodexo Promo Pass

Promo Pass adalah voucher umum yang hanya didesain untuk program promosi pemasaran. Hal ini sangat spesifik bagi klien dan tidak mudah dipalsukan.

  • Sodexo ePass

Sodexo ePass adalah inovasi terbaru  yang dapat membantu perusahaan untuk meminimalisir waktu serta usaha dalam merencanakan program marketing yang efektif. Jadi, ini akan menjadi solusi pengeluaran terbaik untuk pelanggan dan program hadiah untuk bagian penjualan.

  • Sodexo Food Pass

Sodexo Food Pass adalah sistem bagi karyawan untuk membantu perusahaan dalam menciptakan sistem terpadu tunjangan makan untuk semua karyawan dan memungkinkan untuk memilih makanan sendiri.

  • Sodexo Discount Pass

Sebuah kartu yang juga menawarkan media sederhana dan efektif untuk memotivasi dan menghargai tim, pelanggan, komunitas, sekolah, vendor, calon klien Anda dan masih banyak yang lainnya. Juga dapat digunakan sebagai kartu ID, dengan berbagai manfaat di dalamnya.

  • Sodexo Reward Pass

Sodexo Reward Pass diterima di toko Sodexo yang terpercaya dan memungkinkan Anda memilih hadiah yang Anda inginkan.

  • Sodexo Loyalty Program

Anggota program loyalitas Sodexo berhak memperoleh banyak hadiah dan manfaat. Anda dapat memperoleh fleksibilitas  untuk memilih hadiah poin Anda sesuai yang Anda terima.

Saya sendiri termasuk salah satu orang yang beruntung beberapa kali menerima hadiah berbentuk Vocher Belanja Sodexo. Saya bebas membelanjakan hadiah tergantung kebutuhan saat itu. Pas ingin beli baju tinggal datang ke merchant jual baju yang bekerja sama dengan vocher sodexo. Atau jika anak-anak ingin ngemil atau beli mainan tinggal datang ke merchant mainan atau outlet makanan yang bekerja sama dengan vocher sodexo. Bahkan jika ingin membeli novel kesukaan atau buku pun saya bisa datang ke Merchant Sodexo yang bekerja sama.

giftpass 2
sebagian vocher belanja sodexoku (dok:pribadi)
giftpass
membayar dengan vocher sodexo di merchant (dok:pribadi)

 

Praktis banget kan? Ya iyalah praktis banget. Vocher Belanja Sodexo bisa diberikan perusahaan kepada karyawan atau relasi sebagai hadiah. Dengan pemberian penghargaan berupa Vocher Belanja Sodexo diharapakan kinerja dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan meningkat. Jika ada yang praktis ngapain masih pakai ribet yaa?

sodexoku
Belanja praktis dengan vocher belanja sodexo (dok:pribadi)
Iklan

Penulis:

Seorang ibu rumah tangga dengan dua jagoan yang hobi membaca dan menulis

23 tanggapan untuk “Berartinya Sebuah Penghargaan

  1. bener banget mbak, penghargaan itu, walo hanya berupa ucapan terimakasih aja, udah bikin kita ngerasa dihargai.. aku beruntung tempat kerjaku termasuk yg sering ngasih penghargaan ke smua staff yg memang dianggab bekerja lebih bagus.. Aku sendiri mempraktekinnya ke anak2ku jg, supaya mereka terbiasa dan mengikuti contoh dari kita.. Ucapin terimakasih ke si kaka kalo aku minta bantuan utk diambilin sesuatu, ato kalo dia berhasil bikin gambar ato tulisan. anak2 biasanya jd lebih semangat kalo orang tuanya seperti antusias memuji apa yg mereka kerjakan :)..

  2. perasaan menghargai dan merasa dihargai itu emang perlu ya mbak, dan hrs jadi habit saat kita berada di posisi apapun..btw, voucher sodexo ini sy suka bangettt, cm blm sempet ikutan lombanya krn jadwal padat merayap, kecuali diperpanjang :p sukses mbakkk

  3. perasaan dihargai memang efeknya luar biasa ya mbak^^ Btw, voucher sodexo emang ajib banget dah buat belanja, udh kayak uang tunai, suka 🙂 tapi kayaknya blm ikutan lombanya nih, kecuali diperpanjang 😛 sukses mbakk

  4. ngasih reward berupa sodexo mah kece bgd mbk nung, seneng, soalya bs dipakek dibanyk tempt.
    wah mbk nung dr kecil udh kaya prestasi yak, smpek emak2 pun masih begitu, malah lebih2, keren mbk nung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s